Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Besi Baja Ringan Berkualitas

besi baja ringan kini sudah sangat populer untuk menjadi rangka atap

Harga besi baja ringan berkualitas kini menjadi material primadona untuk membangun rangka atap. Seperti diketahui, atap merupakan elemen penting yang melindungi rumah dari hujan maupun panas. Rangka atap menjadi struktur yang akan menopang penutup atap sekaligus memberikan beban pada struktur di bawahnya.

Bobotnya yang ringan dan proses pemasangannya yang mudah merupakan salah satu alasan mengapa harga besi baja ringan menjadi material primadona di kalangan masyarakat. Meski memiliki bobot yang ringan, rangka baja ringan sangat kokoh hingga mampu menopang beban dari berbagai jenis atap. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemasangan rangka baja ringan:

  1. Memilih baja ringan pre-fabrikasi

Untuk membuat proses pengerjaan menjadi lebih cepat selesai, Anda bisa memilih jenis harga besi baja ringan pre-fabrikasi yang sudah dipotong-potong. Baja ringan pre-fabrikasi memiliki jaminan rapi dan kuat. Para tukang bisa langsung mengeksekusi pembuatan rangka baja ringan tanpa melakukan pengukuran manual saat pemasangan. Waktu pemasangan pun akan menjadi lebih efisien dan cepat.

2. Baja ringan dengan dukungan garansi

Dukungan garansi merupakan hal yang penting. Proses pemasangan baja ringan yang cepat harus diimbangi dengan kualitas yang baik. Tentu akan sangat percuma jika struktur rangka sudah selesai pasang dalam waktu singkat namun ketahanannya tidak teruji. Dukungan garansi tidak hanya diberikan saat proses instalasi melainkan juga pada proses produksi.

3. Memperhatikan sistem penguat pada baja

Baja ringan memiliki sifat yang jauh lebih efisien untuk dipasang di berbagai jenis atap karena bentuknya yang lebih tipis dibanding baja konvensional. Karakteristiknya yang tipis tentu juga mempengaruhi kekakuan baja ringan. Saat membeli material baja ringan, sebaiknya Anda juga menyiapkan batang penyangga dengan jumlah yang memadai untuk memastikan baja ringan dibangun dengan sistem penguat yang memadai.

Di pasaran terdapat 2 jenis baja ringan yang biasa diperdagangkan, yaitu baja ringan dengan lapisan zinc (galvanis) dan baja ringan dengan lapisan aluminium zinc (galvalum). Baja ringan galvanis memiliki harga yang lebih murah dibanding galvalum. Meski demikian, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Lakukan pengecekan detail kualitas untuk memastikan Anda benar-benar mendapat baja ringan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *