Jenis Alat Tes Ovulasi dan Tips Penggunaannya

Jenis Alat Tes Ovulasi dan Tips Penggunaannya

Mengetahui masa subur menjadi salah satu hal yang penting bagi wanita khususnya bagi mereka yang sedang menantikan momongan. Untuk mengetahui masa kesuburan, anda bisa menggunakan alat tes ovulasi. Ada berbagai macam jenis alat tes kesuburan yang bisa anda gunakan dan berikut ini adalah penjelasannya dan sedikit tips penggunaan alat tes kesuburan yang benar.

Jenis- Jenis Tes Ovulasi

Sama dengan test pack untuk kehamilan, alat tes untuk kesuburan ini mempunyai bentuk yang sama. Selain itu, ada beberapa jenis alat tes kesuburan yang bisa digunakan, yaitu :

  1. Compact

Salah satu jenis alat yang digunakan untuk tes  kesuburan yang saat ini banyak dijumpai  di pasaran saat ini adalah berbentuk compact atau digital.  Tak hanya bisa  mendeteksi setidaknya dua  jenis hormon LH dan estrogen, alat tes kesuburan berbentuk  digital ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi  masa subur secara lebih detail jika dibandingkan yang lainnya.

  1. Strip

Alat tes ovulasi / kesuburan selanjutnya yang pada saat ini  banyak di pasaran dengan  harga yang lebih terjangkau  adalah jenis Strip. Sebagian besar wanita memilih alat  tes kesuburan jenis  strip dalam jumlah banyak. Hal ini supaya  mereka bisa melakukan tes dengan  rutin agar  dapat mendeteksi  masa kesuburan setiap bulannya. 

  1. Scope

Berbeda dengan jenis compact  dan strip, tes kesuburan yang berbentuk  scope ini menggunakan media air liur sebagai media tes. Scope juga bisa anda  digunakan secara berulang kali. Jadi alat ini  lebih praktis dan lebih ramah terhadap lingkungan. Selesai menggunakannya, anda hanya  tinggal mengelap saja  dan  kembali di waktu selanjutnya.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Tes Ovulasi?

Dengan harganya yang murah serta sangat  mudah sekali untuk  didapatkan di apotik , alat tes ovulasi / kesuburan ini  tidak akan bisa  membuat anda kesulitan pada saat menggunakanya. Cara pemakaiannya sangat  mudah sekali. Namun seringkali, para wanita  memakai alat ini berakhir dengan hasil yang tidak  efektif. 

Untuk bisa mendapatkan hasil yang efektif, anda bisa menggunakan  kalender kesuburan yang maksimal. Anda juga memerlukan  timing serta waktu yang sangat tepat untuk melakukan tes kesuburan. Hal ini karena pada  setiap bulannya Anda hanya mempunyai  beberapa  masa subur saja yang mana bisa meningkatkan peluang untuk hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *