Berbagai Jenis Jasa Print Buku

Jasa print buku

Buku cetak atau buku fisik selalu saja diperlukan sepanjang masa karena lebih kuat kedudukannya dalam hukum, dan merupakan sumber resmi yang sah, baik secara ilmiah maupun hukum. Sehingga meski telah ada ebook namun kehadiran buku cetak atau buku fisik masih sangat diperlukan. Dalam pembuatan skripsi misalnya maka hanya sumber dari buku cetak yang diakui dan dapat dipergunakan kutipannya, dan masih banyak lagi manfaat dari buku cetak itu. Dalam pembuatan buku cetak tersebut maka diperlukan adanya jasa print buku atau penerbit buku. Berikut ini adalah berbagai jenisnya.

Penerbit Mayor

Penerbit mayor ini dimiliki oleh perusahaan penerbitan yang besar atau suatu lembaga, yang biasanya telah punya nama serta modal yang cukup yang memungkinkan untuk mencetak karya tulis para penulis buku yang mengirimkan naskahnya. Buku yang dicetak telah memiliki status ISBN (International Standard Book Number). Pegawainya juga memiliki spesialisasinya masing-masing  yakni seperti bagian editing atau editor, layout tata letak, desainer, bagian marketing dan promosi, bagian produksi, bagian distribusi, dan lain sebagainya yang bekerja guna menghasilkan dan menyajikan suatu buku cetak yang bisa dibeli dan dibaca oleh masyarakat luas. Namun agar bisa dicetak dan diterbitkan bukunya maka naskah tulisan penulis haruslah lolos seleksi terlebih dahulu.

Penerbit Indie atau Self Publishing

Selain itu bisa juga membuat jasa print buku cetak dengan secara self publishing atau menerbitkan buku sendiri yang populer disebut juga sebagai penerbit Indie. Dalam hal ini maka penulis melakukan seluruh prosesnya sendiri, yakni mulai sejak proses penulisan, dan pemilihan tema serta genre dan gaya penulisannya  juga proses editing nya, dan desain cover, serta tata letak buku, juga dengan permohonan ISBN serta barcode di Perpustakaan Nasional RI dan pemasarannya juga distribusinya dan lain sebagainya sehingga bisa terbit buku cetak sesuai dengan keinginannya, tak terbatasi oleh keinginan dari pihak penerbit mayor. Itulah kelebihan dari proses self publishing itu yakni bisa dengan bebas menentukan segala sesuatu mengenai buku yang hendak dicetaknya tersebut. Tak ada pembatasan seperti tema atau topik tulisan, juga dengan layout dan desain bukunya  covernya serta genre buku dan pilihan gaya bahasanya dan lain sebagainya. Semuanya bisa dengan secara leluasa ditentukan oleh pihak penulis sendiri. Pembatasan dari pihak penerbit mayor bahkan adakalanya sangat menyulitkan dan bahkan bisa hingga campur tangan terhadap isi tulisannya. Guna menghindari hal tersebut maka penulis bisa memilih untuk mencetak dan menerbitkan bukunya melalui penerbit indie atau membuat buku cetak secara self publishing. Bisa menghubungi jasa print buku terdekat untuk mencetaknya. Pilihan cetak buku tersebut bisa secara softcopy dengan sampul yang reguler atau standar ataupun bisa juga jika hendak dicetak secara hardcopy atau dengan sampul yang tebal dan berlapis karton, sehingga buku cetak bisa tampil lebih eksklusif dan lebih awet mampu bertahan lebih lama meski telah dibaca secara berulang kali.

Itulah berbagai pilihan proses jasa print buku pembuatan buku cetak atau buku fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *