Waktunya Tinggalkan Skincare Palsu dan Beralih ke Skincare Buatan Sendiri

Kosmetik Buatan Sendiri

Skincare buatan sendiri saat ini banyak dipilih para wanita, karena bisa menggunakan bahan yang jelas dan mengurangi resiko kesehatan. Skincare abal-abal sudah banyak beredar bahkan menggunakan merk yang sudah terkenal dan dipercaya. Namun skincare palsu pasti memiliki banyak perbedaan dari bau sampai warna. Apa saja ciri skincare abal-abal yang patut dicurigai?

Izin edar 

Skincare palsu tidak mempunyai izin edar dari BPOM dalam produksinya. Izin edar diberikan BPOM untuk obat dan makanan, jika sebuah produk tidak memiliki izin berarti produk tersebut illegal atau tidak lolos uji. Hal ini tentunya akan membahayakan pengguna. Jika kamu lebih teliti, kamu bisa mengecek produk tersebut ada atau tidak dalam daftar produk yang lolos BPOM. BPOM sendiri rutin melakukan pengecekan terhadap kosmetik di pasaran, jadi bahan berbahaya yang tertangkap BPOM sudah pasti tidak aman digunakan.

Tekstur 

Tekstur dari skincare palsu akan lebih lengket disentuh dan digunakan. Hal ini juga dikarenakan campuran bahan tidak rata. 

Bau 

Bau dari skincare palsu lebih tajam dank has. Jika kamu terbiasa dengan skincare asli pasti sudah bisa mengenali bau yang berbeda dari skincare palsu. Bau bisa timbul karena merkuri karena bau merkuri sangat khas dan sulit dihilangkan. Sedangkan bau skincare asli  lebih lembut. 

Warna 

Warna skincare biasa putih dan kuning mencolok. Warna skincare palsu sangat mudah dikenal karena berwarna putih mengkilap dan kuning sangat tajam. Jika sudah tahu hal ini jangan diteruskan penggunaan atau pembelian produk. 

Rasa panas 

Saat diaplikasikan di wajah atau bagian tubuh lain, kulit akan terasa panas dan terbakar. Apalagi saat di bawah sinar matahari. Rasa panas ini bisa disertai rasa perih. 

 Daripada menggunakan skincare palsu alangkah lebih baiknya menggunakan skincare buatan sendiri yang lebih terjamin dan lebih sehat. Banyak bahaya yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan skincare palsu seperti

  1. Iritasi 

Wajah timbul ruam kemerahan gatal dan perih. Jika sudah seperti ini berarti wajah kamu iritasi atau tanda  bahwa wajah kamu tidak cocok menggunakan skincare tersebut.

  1. Kehilangan lapisan kulit 

Terkadang produk kecantikan kulit menggunakan bahan peng-exfoliasi sehingga kulit terkelupas secara berlebihan. Bahan yang digunakanpun berbahaya sepeti merkuri atau bahan lain. Dengan mengelupasnya kulit terluar berarti kulit kehilangan pelindungnya. Hal ini tidak ada lagi pelindung untuk sinar matahari. 

  1. Kulit lebih sensitive 

Kulit yang menggunakan skincare palsu akan lebih sensitif dengan sinar matahari dan dingin. Kulit akan gampang merah atau muncul ruam saat terkena sinar matahari. Hal ini tentu tidak nyaman ya..

 Banyak hal berbahaya yang mengintai pengguna skincare palsu, dari iritasi sampai penyakit lainya oleh karena itu banyak orang bergeser menggunakan skincare buatan sendiri. Untuk mendapatkan kulit sehat dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *